Harga Kebutuhan Pokok di Kota Batu Masih Stabil Jelang Lebaran

0
22

Bangga Jatim, Kota Batu – Pemerintah Kota Batu menyatakan bahwa harga bahan kebutuhan pokok di wilayah Kota Batu, Jawa Timur, dalam kondisi stabil dan mencukupi jelang perayaan Idulfitri 1442 Hijriah.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan bahwa pada saat melakukan sidak di pasar rakyat yang ada di wilayah kota wisata tersebut, secara keseluruhan dalam kondisi stabil, meskipun memang ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan.

“Mungkin memang cuacanya juga bisa menyebabkan hasil berkurang, dan Kota Batu juga terletak jauh dari kawasan laut, sehingga rantai distribusi yang ada agak panjang,” kata Dewanti di Kota Batu, Rabu.

Dewanti menjelaskan beberapa komoditas yang tercatat sedikit mengalami kenaikan harga adalah daging sapi dan daging ayam. Sementara untuk komoditas yang mengalami kenaikan harga cukup signifikan adalah harga ikan laut.

Menurut Dewanti, beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga itu, antara lain telur ayam yang menjadi Rp23 ribu per kilogram, daging sapi Rp117.500 per kilogram, daging ayam Rp35 ribu per kilogram, ikan tuna Rp40 per kilogram, dan ikan tongkol sebesar Rp36 ribu per kilogram.

Dewanti berharap masyarakat Kota Batu tidak khawatir adanya kenaikan sejumlah komoditas tersebut. Berdasarkan data dari Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Batu, stok bahan kebutuhan pokok masih dalam kondisi aman, dengan harga terkendali.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, berdasarkan data dari Diskumdag Kota Batu, hingga saat ini stok kebutuhan pokok masih aman, dan harga relatif stabil,” kata Dewanti.

Sidak yang dilakukan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batu di pasar-pasar rakyat yang ada di Kota Batu tersebut, bertujuan untuk mendapatkan data terkini, dan mengantisipasi adanya lonjakan harga kebutuhan pokok jelang Lebaran 2021.

Berdasarkan data dari Diskumdag Kota Batu, untuk bahan kebutuhan pokok lainnya seperti beras dan gula dalam kondisi yang aman. Tercatat, harga gula pasir sebesar Rp12 ribu per kilogram, sementara untuk beras sebesar Rp11 ribu per kilogram.

Terkait pasokan beras selama Ramadhan, di Kota Batu yang merupakan salah satu wilayah kerja Bulog Cabang Malang dalam kondisi aman, dan mencukupi. Bulog Cabang Malang memiliki stok beras kurang lebih sebanyak 15 ribu ton, yang mencukupi hingga akhir tahun.(ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here